3 kepentingan blog/buku online menguntungkan? Kenapa? Begini. Ada masa dahulu kala, sekitar tahun sebelum 2005, masa dimana banyak orang yang menciptakan buku online alias blog. Era yang dapat dikatakan kala blogger. Namun sayang, kala emas blog online hanya sekedar salam sambutan atas hadirnya kala online. Karena sesudah berganti tahun, jumlah para blogger menurun. Tentu juga alasannya yakni faktor munculnya sosial media Facebook yang menggeser fungsi blog yang sebagai komunikasi online.
Bahkan blog sebagai media marketing memunculkan jasa penulis artikel blog, baik artikel lokal atau non lokal. Muncul juga jasa SEO yang membantu optimalisasi blog bisnis di mata mesin pencari ibarat Google. Karena sebagai pebisnis, tidak mengutamakan mengurusi hal teknis ibarat membangun blog dan SEO.
Nah, dari pemahaman di atas, maka Anda harus benar-benar memikirkan kepentingan membuat blog. Persaingan dalam dunia blogging pun sudah cukup ketat. Bila tanpa kepentingan yang bersifat “menguntungkan” maka jatuhnya sama ibarat nasib para blogger di kala sebelum 2005, gugur dari dunia blogging.
Bila sekedar menciptakan blog, sekedar curahan hati dan pikiran tanpa memperdulikan teknik marketing, nasibnya sama ibarat dengan buku diary yang tersimpan diam-diam di dalam kamar. Karena, menciptakan blog online tidak sekedar membuat. Perlu ada teknik marketing. Bila ada teknik marketing, tentu harus ada kepentingan yang menguntungkan supaya tidak membuang sia-sia tenaga, uang dan waktu Anda.
Berikut yakni beberapa kepentingan yang perlu anda perhatikan dalam menciptakan blof atau dapat disebut buku online:
1. Blog Online Untuk Kepentingan Karir
Blog online di sini yakni blog yang membangun “Brand”. Berguna untuk kepentingan karir. Bisa sebagai pengembangan skill atau sebagai persiapan bekerja.Bila masih tahap berguru di sekolah, maka membangun blog online masih dalam tahap berguru untuk membangun skill kerja. Dengan aktifitas menulis akan menemukan cara berguru yang lebih fokus pada skill kerja yang diinginkan.
Bila sudah kuliah, kegiatan membangun blog online sebagai branding atas skill yang dimilikinya, di samping sebagai pengembangan skill tingkat lanjutan.
2. Blog Online Untuk Kepentingan Jasa Marketing
Berbeda dengan yang diatas, blog online ini hanya sekedar untuk menarik dan melayani pebisnis dalam memasangkan iklan produknya pada blog online yang dibangun. Bisa juga dilengkapi jalur iklan Google Adsense supaya jadinya lebih menguntungkan.Para pebisnis akan tertarik pada blog spesifik yang sesuai dengan jenis produknya. Bila blog membahas wacana seputar kecantikan, pebisnis yang akan tertarik memasangkan iklan yakni pebisnis yang menjual produk kecantikan. Dan seharusnya blog online yang dibangun spesifik untuk sasaran iklan tertentu juga.
Bila mblog yang dibangun terlihat gado-gado, adonan aneka macam tema maka membutuhkan aneka macam penulis untuk menulis. Hasilnya juga tidak akan efektif dalam hal marketing. Pebisnis akan mikir panjang untuk berani beriklan kecuali mempunyai trafik yang sangat banyak per harinya (entah berapa).
3. Blog Online Untuk Kepentingan Menjual Produk
Dalam blog online ini lebih kepada mencari laba berupa penghasilan lewat jalur penjualan produk. Dalam hal ini, tidak harus mempunyai produk sendiri. Bisa juga mengandalkan produk orang lain yang biasanya lewat jalur aktivitas affiliate.Blog online aku sendiri bertujuan menjual produk sendiri dan orang. Saya menjual produk kursus blog bisnis online. Saya juga menarkan jasa penulisan artikel sebagai alternatif lain dalam penghasilan lewat blog. Kaprikornus disini bukan hanya untuk menjual produk saja tetapi juga untuk menunjukkan jasa.
0 komentar
Posting Komentar