Cara Pasang Iklan Di Google

Pembahasan cara pasang iklan di google skala perjuangan kecil ini bukan menjelaskan hal teknis yang berurusan dengan website Google. Kalau problem cara yang bersifat teknik, tampaknya butuh pembahasan panjang yang disertai gambar-gambar. Tragisnya, malah pembaca tidak paham apa yang sudah dijelaskan. Di sini hanya menjelaskan teknik dan taktik yang mana tidak ada kaitannya dengan cara isi saldo, pasang sesuai jenis iklan dan lainnya. Oke, mari bahas cara yang ringan untuk kepentingan perjuangan kecil.


Apa sih makna perjuangan kecil? Entahlah, alasannya yakni ada pembahasan usaka mikro juga yang juga sama-sama kecil. Yang jelas, perjuangan kecil yakni perjuangan yang masih mengandalkan gaya juragan bukan manajerial. Gaya juragan lebih menintikberatkan pengontrolan pekerja yang dilakukan pemilik usaha. Walau demikian, banyak pemilik perjuangan yang lepas kontrol atas aktifitas pekerja. Namun secara umum, bisa dikatakan bahwa perjuangan kecil gaya juragan yakni ibarat contohnya perjuangan bakso yang mempunyai beberapa karyawan namun si pemiliknya masih ikut bekerja ibarat dalam pembayaran atau sekedar memantau aktifitas pegawai.

Nah, apa hubungannya perjuangan kecil dengan cara pasang iklan Google alias iklan Adword? Hubungannya yakni bahwa pemilik perjuangan skala apa saja bisa pasang iklan produk lewat Google dan berhak laku. Skala kecil kelas mikro sekalipun, bisa pasang iklan lewat Google, pada dasarnya. Namun untuk cara pasang iklan di Google di sini membatasi untuk bagi pengusaha yang mempunyai perjuangan beserta pegawainya. Mengapa demikian? Karena semahal, sebagus apapun produk, biaya iklan tetap sama dengan produk asal-asala. Kaprikornus cara pasang iklan di google tidak bisa untuk beberapa usaha, sesuai efektifitas modal usaha.

Artikel lainya: Iklan Online Artis, Media Apa Yang Terbaik?

Awal Cara Pasang Iklan Di Google Skala Usaha Kecil

Tentu, hal dasar cara pasang iklan di google harus dipahami dahulu. Sebagai cerita, sebelum pasang iklan di Google, saya mempunyai beberapa kendala. Pertama, saya tidak punya kartu kredit. Tentu sangat pesimis beriklan di Google. Namun saya menemukan buku yang menjelaskan cara pembayaran memakai bank lokal. Akhirnya tahu kalau di Google sudah bisa memakai bank lokal sebagai cara transaksinya. Saya coba melaksanakan pembayaran via ATM BRI. Ternyata gagal. Saya tanya ke pihak bank BRI terdekat, malah mereka ngotot bisa melaksanakan dengan beberapa cara ibarat pada rekening bank lainnya. Saya coba. Pegawai bank tadi tidak bisa juga. Padahal, sudah saya katakan, pemiliknya yakni perusahaan Google.

Akhirnya tanya ke pemilik buku (mengingat tidak detail menjelaskan soal bank) ihwal cara transfer, eh ternyata bank yang di maksud tidak menjadi kriteria atau bank masuk kriteria tetapi pembayaran via ATM. Terjawab. Akhirnya bisa. Tetapi gagal menjalankan cara berikutnya. Mengapa? Hm...

1. Rekening Bank dan Cara Pembuatannya Untuk Kepentingan Pasang Iklan

Cara pasang iklan yang perlu dilakukan di awal yakni memikirkan pembayaran atau biasa disebut mengisi saldo untuk iklan. Namun tidak sembarang dalam pengisian saldo. Ada yang memakai jasa isi saldo akun Adword atau mengisi sendiri. Cara yang terbaik yakni mengisi sendiri dengan memakai rekening pribadi. Masalahnya, tidak semua rekening bisa dipakai sebagai cara pengisian saldo. Memiliki beberapa rekening yang direkomendasikan pun belum tentu bisa dipakai alasannya yakni harus memakai internet banking. Tentu dong, harus minta diaktiftasi terlebih dahulu oleh pihak bank supaya bisa melaksanakan pembayaran via internet banking.

Berikut beberapa bank yang bisa anda gunakan sebagai alat cara pembayaran:

➜ BCA
➜ BNI
➜ Mandiri
➜ CIMB Niaga

Dari keempat nama bank di atas, saya merekomendasikan memakai CIMB Niaga bila anda belum mempunyai beberapa bank yang direkomendasikan. Atau bisa menambah bank yakni CIMB Niaga. Hal ini alasannya yakni cocok sekali untuk pemilik perjuangan kecil yang ingin beriklan di Google. Di bank CIMB Niaga tidak mematok pembayaran manajemen tiap bulannya sehingga cocok sekedar rekening untuk pembayaran pasang iklan di Google. Anda bisa meminta pembuatan rekening Tabungan-ku tanpa buku. Nanti anda hanya mendapat kartu ATM dan selembar kertas nomer rekening dan pembayaran awal.

Kelemahan bank CIMB Niaga yakni penyebaran gedung bank dianggap kurang, berdasarkan pantauan saya di Cirebon. Saya sendiri harus pergi ke kota untuk menciptakan rekening. Kalau anda hanya mempunyai rekening CIMB Niaga, tentu pemenuhan saldo rekening harus mengunjungi bank yang ada di kota terlebih dahulu. Masak sekedar stor saldo uang harus menempuh perjalanan jauh? Maka dari itu, alangkah baiknya bila mempunyai bank lain sebagai pemenuhan saldo ke rekening CIMB Niaga.

Tetapi kalau sudah punya bank yang direkomendasikan dan tidak mau menambah bank lagi, tinggal mengaktifkan transaksi pembayaran via internet banking. Tetapi berdasarkan kabar, ada bank yang memberlakukan tarif manajemen ketika mengaktifkan internet banking.

2. Pengisian Saldo Di Google Adword Untuk Pasang Iklan Usaha Kecil

Dalam pengisian saldo sebagai awal cara pasang iklan di google tentunya anda harus mempunyai akun Google terlebih dahulu. Anda harus menyetting berdasarkan uang rupiah bukan dollar. Nanti ada proses berikutnya dalam pengisian saldo pasang iklan. Setiap akun katanya akan mempunyai nomer rekening yang berbeda dari Google. Entah lah. Yang jelas, nomer rekening itu jangan hingga dipublikasikan (belum terperinci alasannya) ke orang lain. Nomer rekening ada di member, tidak perlu dicopas mengingat terpasang terus. Dicopas juga tidak problem supaya tidak selalu login ketika mau transfer.

Bagaimana cara dalam pengisian saldo? Bila memang mau serius berfokus pada iklan Google, cara yang terbaiik menambah saldo minimal 500.000. Kalau minimal 10.000, bakal ada yang habis untuk biaya manajemen transfer beda bank. Kaprikornus lebih banyak, lebih bagus. Saldo tersebut bisa habis tanpa kendali atau terkendali, bergantung penanganan dalam pasang iklan di Google. Makanya, cara yang terbaik pasang iklan di google yakni terus memantau perkembangan iklan, khususnya dalam hal pengurangan saldo.

3. Koneksi Internet Cepat

Website Google Adword cenderung berat. Bila mempunyai koneksi internet yang lemot, bisa menghambat dalam pemasangan iklan. Penting sekali mempunyai koneksi internet yang cepat. Agar bisa menghemat uang, alangkah baiknya internet cepat hanya dipakai untuk pasang iklan di Google adword. Memang bisa mengandalkan warnet yang dipercaya cepat dalam pelayanan koneksi internetnya. Tetapi kalau lewat warnet, tidak bisa melaksanakan pengontrolan pemasangan iklan. Bagaimana bila hingga respon cepat yang menciptakan saldo habis dalam 1 hari? Kaprikornus cara terbaik yakni harus memakai koneksi internet sendiri. Koneksi internet di sini yakni koneksi pakai modem. Bisa memakai internet cepat yang habis dalam 1 hari supaya biaya jauh lebih murah.

Walaupun ada smartphone, tetapi kalau urusasan pasang iklan di Google, jauh lebih baik lewat laptop atau tablet. Namun kurang terperinci mengenai website Google sekarang, bisa jadi sudah bisa lewat mobile.

4. Siapkan Situs Untuk Pasang Iklan di Google

Cara pasang iklan di Google berikutnya yakni memenuhi syarat situs yang sebagai landing pages. Landing pages tidak melulu homepage, bisa juga halaman artikel. Bahkan, bila situs berbentuk blog, maka yang diiklankan yakni halaman artikelnya bukan homepage. Terkecuali semacam situs minisite atau halaman statis, maka bisa pribadi ke homepage.

Cara penjualan beberapa jenis produk, maka cukup mengandalkan situs minisite. Tetapi kalau sudah mempunyai variasi jasa dan produk, maka bisa menentukan situs statis. Situs statis yakni halaman semacam blog namun untuk update konten biasanya sudah dipecah di tiap kategori.

Berikut beberapa rujukan minisite milik saya:

➜ www.clickbank-backlink.blogspot.com
➜ www.kursusblogbisnis.blogspot.com

Bagaimana dengan situs statis? Dalam hal ini, saya sulit mencontohkan mengingat tidak punya situsnya. Namun hal yang niscaya yakni situs tersebut terbuat dari wordpres. Blog wordpress memang menyediakan dua variasi homepage. Ada yang halaman utama berisi update konten dan ada yang hanya menghadirkan 1 halaman. Namun situs statis tetap berbentuk selayaknya tampilan blog yang mempunyai hedaer, sidebar, body konten dan footer. Hanya berbeda settingan saja.

Berikut beberapa simpulan kriteria situs yang layak diiklankan di Google berdasarkan buku Rahasia Jitu Berpromosi Dengan Google Adwords:

➜ Konten yang relevan, bermanfaat dan juga orisinil
➜ Transparan dan sanggup dipercaya
➜ Kemudahan dalam navigasi
➜ Memiliki kecepatan loading situs
➜ Web situs dalam keadaan responsive

Maksud konten yang relevan yakni beradaptasi dengan judul situs. Bila situs yang dibentuk untuk penawaran “Jasa Minisite Blogspot” maka konten pun menghadirkan goresan pena artikel seputar yang memuat penyebaran kata minisite blogspot. Ukuran relevan yakni 1,5%-2% dari total kata, dalam batas aman. Tentunya menghadirkan konten yang bermanfaat untuk pengunjung dan juga tidak melaksanakan copy-paste. Ini cara pertama pembuatan situs untuk kebutuhan pasang iklan di google.

Kalau cara kedua yakni transparan dan sanggup diandalkan yakni ibarat yang sudah anda kenal. Anda menciptakan sajian khusus seputar ihwal perjuangan yang sedang anda jalankan, data kontak untuk menghubungi anda, juga yang lainnya. Intinya semakin jelas, transparan maka otomatis akan terpercaya. Secara khusus, terpercaya dalam hal penawarannya yang akan menentukan keberhasilan cara pasang iklan di Google.

Kalau untuk minisite, memang katanya berdasarkan mentor saya, #GM Susanto, sulit diterima iklannya oleh pihak Google. Tetapi cobalah ibarat itu. Atau cara yang terbaik yakni mengatakan navigasi ibarat layaknya blog. Buatlah minisite itu ibarat blog yang mana mempunyai konten dan navigasinya. Maka saya mengatakan solusi konten di bawah penawaran. Juga mengatakan menu-menu khususnya sitemap artikel.


Untuk menciptakan minisite plus pengaturan, menu, sitemap dan artikel ibarat di gambar di atas, anda bisa memesan lewat jasa minisite saya

Untuk problem cara mempecepat waktu loading situs, saya bukan ahlinya. Maka dari itu, saya menentukan produk dari pakar yang menunjukkan template blogspot yang bisa cepat waktu loading. Memang blogspot lebih cepat daripada wordpress dalam waktu loading, tetapi banyak template blogspot yang cenderng lemot. Hal ini sebagai cara pasang iklan yang efektif dalam menghasilkan koversi. Saya sering merasa malas mengunjungi situs penawaran produk dan jasa ketika situs dianggap lemot. Nah, jangan hingga anda menerapkan cara yang salah dalam hal ini untuk kepentingan pasang iklan di Google.

Tidak lupa, situs yang dibentuk harus responsive atau biasa disebut mobile friendly. Bila situs anda belum responsive, alangkah baiknya untuk tidak pasang iklan di Google bila mau menarget mobile. Terkecuali bila mau menarget pengguna deskop, PC, boleh-boleh saja.

Cara Pasang Iklan Di Google Dengan Konten Yang Menarik Perhatian

Saya diajari #GM Susanto dalam menciptakan teks iklan di panduan RSCB. Namun saya memadukan tips yang diajarkan dalam panduan toko online juga mengingat teknik konten iklan di Google ada dua jenis yakni teks dan gambar. Anda bisa menentukan teknik pasang iklan memakai teks atau tidak. Yang jelas, prinsipnya memang sama.

Dalam menciptakan konten, harus memuat beberapa hal yang bisa disingkat dengan WH-O-A. WH yang biasa disebut WHO yakni sasaran market atau sasaran buyer untuk konten iklan yang akan anda pasang. Sedangkan O yakni Offer. Offer ini yakni penawaran yang bisa memikat ibarat testimoni artis, garansi, diskon dan sebagainya. Anda bisa membaca buku Tung Desem Waringin yakni Marketing Revolution untuk mempelajari bagaimana menciptakan sensasional penawaran menarik.

Dan yang terakhir yakni A atau dimaksud Action yakni ibarat “Dapatkan Segera!”, “Daftar Disini” dan sebagainya. Memberikan perintah dianggap penting mengingat ada efek tersendiri pada psikis sasaran buyer.

Contoh konten iklan teks WH-O-A:

Ibu Guru Bisa Beli Rumah Mewah 3 Miliar Hanya Dalam 3 Tahun, Apa Sih Yang Dijual? Simak Disini

Hanya saja berdasarkan Gm Susanto, WHO yang dimaksud yakni klien atau yang sudah menjadi pelanggan anda. Hasil pengalaman si klien atau pelanggan itulah yang bisa dijadikan materi review produk. Jadi, menulis iklan bukan sekedar menulis melainkan sebagai simpulan review yang ada di landing pages.

Bagaimana dengan konten iklan gambar WH-O-A? Maka anda bisa menciptakan gambar yang mengandung makna kalimat di atas. Bisa memasukkan gambar ibu-ibu, sambil memegang rumah dan uang. Dalam gambar, diberikan gambar tombol “Klik Disini” dan sebagainya.

Tetapi, sesuai pengajaran Gm Susanto, teknik iklan model WHOA lebih cocok untuk iklan Facebook mengingat ada penyettingan sasaran market yang jelas. Nanti akan dijelaskan cara iklan di Facebook bila sempat.

Cara Pilih Jenis Iklan Google Sesuai Tujuan Iklan

Ada beberapa jenis iklan yang ada di Google. Ada iklan berdasarkan kata kunci pencarian Google, berdasarkan penayangan, penayangan berdasarkan kata kunci, dan juga iklan penayangan via Youtube. Anda harus bisa memilih, jenis iklan yang sempurna dengan tujuan anda. Tidak lupa juga kantong anda.

1. Cara Pasang Iklan Di Google Berdasarkan Kata Kunci Pencarian

Iklan ini akan muncul di pencarian Google berdasarkan kata kunci. Ketika anda menjual produk baju dengan menentukan kata kunci ‘jual baju’ maka orang yang mencari dengan kata kunci ‘jual baju’, muncullah situs anda.

Muncul situs anda di pencarian Google sesuai kata kunci alasannya yakni tidak ada persaingan iklan. Namun kalau ada persaingan iklan, bisa saja tidak muncul. Syarat supaya bisa muncul bisa dengan menikkan harga iklan. Tetapi pesaing pun bisa menaikkan harga iklan lagi. Maka menentukan banyak kata kunci yang relevan dianggap penting.

Namun tetap jangan asal menentukan kata kunci mengingat tidak semua kata kunci bisa untuk memunculkan iklan di Google. Cara yang terbaik yakni mengecek kata kunci ketika ketika memasang iklan bukan di Google Keyword Planner (biasanya tidak mempunyai pencarian).

Cara pasang iklan di Google berdasarkan kata kunci bila anda mempunyai tujuan untuk closing. Artinya pribadi mengarah pada penawaran produk dan jasa. Hal ini alasannya yakni orang yang mencari berdasarkan kata kunci alasannya yakni sedang membutuhkan produk atau jasa.

2. Cara Pasang Iklan Di Google Berdasarkan Penayangan

Pasang iklan berdasarkan penayangan bekerjsama diletakkan di dua kawasan yakni iklan yang dipasang di website dan iklan yang dipasang di Youtube. Sama, namun penyetingan yang dilakukan si publisher bisa berbeda. Ada registrasi secara khusus bila mau menjadi publisher lewat Youtube. Namun di sini akan membahas pemasangan iklan yang muncul di dalam website selain Youtube.

Ketika anda menentukan cara pasang iklan di google dengan jenis penayangan untuk sasaran lokasi di wilayah Indonesia, iklan anda akan tayang di wilayah Indonesia. Penyettingan memang bisa dikatakan sama untuk beberapa jenis iklan ibarat setting lokasi hanya saja tidak selengkap Facebook. Maka dari itu, bisa dikatakan pasang iklan di Google untuk jenis penayangan tidak terlalu tertarget. Misal anda membutuhkan sasaran konsumen wanita. Jelas, anda tidak bisa menarget gender perempuan mengingat tidak ada penyettingan.

Untuk itu, anda perlu memfokuskan iklan hanya untuk membangun pelanggan newsletter di situs anda. Tetapi berdasarkan mentor saya, Gm Susanto, kini punya hukum ketat dalam mengiklankan halaman newsletter. Alangkah baiknya untuk dilakukan secara softselling yang tidak mencirikan bagi-bagi warta gratis yang bersifat sensasional.

3. Cara Pasang Iklan Di Google Berdasarkan Kata Kunci Penayangan

Bila sekedar penayangan iklan dengan settingan yang standar, tentu sulit mendapat pengunjung tertarget. Tidak ibarat Facebook yang lebih banyak settingan sasaran ikalnnya. Maka dari itu, solusi penayangan berdasarkan kata kunci dianggap penting untuk menarget pengunjung yang sempurna dengan teknik penayangan iklan di web. Hal ini alasannya yakni pengunjung tetap memasukkan kata kunci di Google ibarat ‘Tips Cepat Hamil” yang kemudian mengunjungi situs yang kebetulan ada iklan adsense. Nah, ketika di situs itulah, bila situs dianggap layak untuk menerbitiklan iklan yang sesuai kata kunci, maka akan menghadirkan konten iklan sesuai kata kunci yang dicari.

Tujuan penayangan iklan berdasarkan kata kunci, bisa sama ibarat iklan penayangan yang tidak berdasarkan kata kunci yakni untuk membangun pelanggan newsletter. Hal ini alasannya yakni sifat penayangan jauh lebih cepat menghasilkan calon pelanggan. Namun alasannya yakni berdasarkan kata kunci, tentu akan berkurang kecepatan menghasilkan banyak pengunjung. Efeknya, tentu bisa mahal harga tayang iklannya.

4. Cara Pasang Iklan Di Google Berdasarkan Penayangan Iklan Lewat Youtube

Pasang iklan dengan sasaran media Youtube sama ibarat penayangan iklan di beberapa jenis. Iklan bisa dianggap efektif bila berbentuk vidio. Memang tidak harus memakai vidio, jenis teks pun bisa dipasang lewat Youtube. Hanya saja, memakai Youtube bermanfaat bagi mereka yang memasang iklan memakai vidio. Sepertinya bila iklan berupa vidio, butuh persiapan konten iklan yang matang. Rata-rata konten iklan yang ada di Youtube terlihat menarik, tidak asal buat.

Iklan di Youtube juga bisa berbentuk link. Namun tampaknya tidak efektif. Jadi, kalau berbentuk link, lebih baik lewat penayangan iklan di website.

***

Untuk sementara, ibarat itu dulu cara pasang iklan di Google teknik WHOA. Teknik WHOA berikutnya akan dijelaskan di bab iklan Facebook.

0 komentar

Posting Komentar